HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0        

Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas (ZI)

LEMBAR KERJA ELEKTRONIK EVALUASI ZONA INTEGRITAS (ZI) MENUJU WBK/WBBM

 
 

SATUAN KERJA : PENGADILAN NEGERI PURWOREJO

 

Tahun : 2022

 

PENILAIAN

Bobot

Jawaban

Nilai

%

Keterangan

Catatan Evaluator

 

A.

PENGUNGKIT (60)

60,0

 

59,47

99,12%

 

 

 

 

I.

PEMENUHAN (30)

30,0

 

29,83

99,43%

 

 

 

 

 

1

Manajemen Perubahan

4,0

 

4,00

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Penyusunan Tim Kerja

0,5

 

0,50

100,00%

 

 

 
       

a. Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

b. Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Rencana Pembangunan Zona Integritas

1,0

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

b. Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM

1,0

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iv

Perubahan pola pikir dan budaya kerja

1,5

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

b. Sudah ditetapkan agen perubahan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

2

Penataan Tatalaksana

3,5

 

3,50

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama

1,0

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi

 

A

1

 

 Evidence

 

 
       

b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan

 

A

1

 

 Evidence

 

 
       

c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi

 

A

1

 

 Evidence

 

 

 

 

 

ii

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

2,0

 

2,00

100,00%

 

 

 
       

a. Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Keterbukaan Informasi Publik

0,50

 

0,50

100,00%

 

 

 
       

a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

3

Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur

5,0

 

5,00

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi

0,25

 

0,25

100,00%

 

 

 
       

a. Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

b. Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja

 

YA

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Pola Mutasi Internal

0,50

 

0,50

100,00%

 

 

 
       

a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

b. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja

 

YA

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi

1,25

 

1,25

100,00%

 

 

 
       

a. Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring)

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

f. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iv

Penetapan Kinerja Individu

2,00

 

2,00

100,00%

 

 

 
       

a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward

 

YA

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

v

Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai

0,75

 

0,75

100,00%

 

 

 
       

a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

vi

Sistem Informasi Kepegawaian

0,25

 

0,25

100,00%

 

 

 
       

a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

4

Penguatan Akuntabilitas

5,0

 

5,00

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Keterlibatan Pimpinan

2,50

 

2,50

100,00%

 

 

 
       

a. Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

2,50

 

2,50

100,00%

 

 

 
       

a. Dokumen perencanaan kinerja sudah ada

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

b. Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

c. Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU)

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

d. Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

e. Laporan kinerja telah disusun tepat waktu

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

f. Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

g. Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

h. Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

5

Penguatan Pengawasan

7,5

 

7,50

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Pengendalian Gratifikasi

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Telah dibangun lingkungan pengendalian

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Pengaduan Masyarakat

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. pengaduan masyarakat dtindaklanjuti

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iv

Whistle-Blowing System

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Whistle Blowing System telah diterapkan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

v

Penanganan Benturan Kepentingan

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

6

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

5,0

 

4,83

96,60%

 

 

 

 

 

 

i

Standar Pelayanan

1,00

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Terdapat kebijakan standar pelayanan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b.Standar pelayanan telah dimaklumatkan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan

 

YA

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Budaya Pelayanan Prima

1,00

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

d. Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

e. Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

f. Terdapat inovasi pelayanan

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Pengelolaan Pengaduan

1,00

 

0,83

83,33%

 

 

 
       

a. Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan

 

B

0,5

 

Evidence

 

 
       

c. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iv

Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan

1,00

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

v

Pemanfaatan Teknologi Informasi

1,00

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi

 

YA

1

 

Evidence

 

 
       

c. Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

II.

REFORM (30)

30,0

 

29,64

98,80%

 

 

 

 

 

1

Manajemen Perubahan

4,0

 

4,00

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Komitmen dalam perubahan

2,00

 

2,00

100,00%

 

 

 
       

a. Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun)

 

I

1,00

 

Evidence

 

 

- Isi Jumlah Agen Perubahan

 

- Isi Jumlah Perubahan yang dibuat

 
       

b. Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen

 

I

1,00

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Komitmen Pimpinan

1,00

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Membangun Budaya Kerja

1,00

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

2

Penataan Tatalaksana

3,5

 

3,50

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan

0,50

 

0,50

100,00%

 

 

 
       

a. Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi

1,00

 

1,00

100,00%

 

 

 
       

a. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat

2,00

 

2,00

100,00%

 

 

 
       

a. Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

b. Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal

 

A

1

 

Evidence

 

 
       

Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

3

Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur

5,0

 

5,00

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Kinerja Individu

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya

 

A

1

 

 Evidence

 

 

 

 

 

ii

Assessment Pegawai

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Hasil assement telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawai

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Pelanggaran Disiplin Pegawai

2,00

 

2,00

100,00%

 

 

 
       

a. Penurunan pelanggaran disiplin pegawai

 

I

1,00

 

 Evidence

 

 

 

 

4

Penguatan Akuntabilitas

5,0

 

4,64

92,80%

 

 

 

 

 

 

i

Meningkatnya capaian kinerja unit kerja

2,0

 

1,64

82,00%

 

 

 
       

a. Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebih

 

I

0,82

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Pemberian Reward and Punishment

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasi

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Kerangka Logis Kinerja

1,50

 

1,50

100,00%

 

 

 
       

a. Apakah terdapat penjenjangan kinerja ((Kerangka Logis Kinerja) yang mengacu pada kinerja utama organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai?

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

5

Penguatan Pengawasan

7,5

 

7,50

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Mekanisme Pengendalian

2,50

 

2,50

100,00%

 

 

 
       

a. Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang

 

A

1

 

Evidence

 

 

 

 

 

ii

Penanganan Pengaduan Masyarakat

3,00

 

3,00

100,00%

 

 

 
       

a. Persentase penanganan pengaduan masyarakat

 

I

1,00

 

Evidence

 

 

 

 

 

iii

Penyampaian Laporan Harta Kekayaan

2,00

 

2,00

100,00%

 

 

 
       

Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)

 

I

1,00

 

Evidence

 

 
       

Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)

 

I

1,00

 

Evidence

 

 

 

 

6

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

5,0

 

5,00

100,00%

 

 

 

 

 

 

i

Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik

2,50

 

2,50

100,00%

 

 

 
       

a. Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada:

 

A

1

 

Evidence

 

 

1. Kesesuaian Persyaratan

 

2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

 

3. Kecepatan Waktu Penyelesaian

 

4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis

 

5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

 

6. Kompetensi Pelaksana/Web

 

7. Perilaku Pelaksana/Web

 

8. Kualitas Sarana dan prasarana

 

9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

 
       

b. Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah:

 

100

1,00

 

Evidence

 

 

1. Waktu lebih cepat

 

2. Pelayanan Publik yang terpadu

 

3. Alur lebih pendek/singkat

 

4 Terintegrasi dengan aplikasi

 

 

 

 

ii

Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi

2,50

 

2,50

100,00%

 

 

 
       

Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab

 

A

1

 

Evidence

 

 

TOTAL PENGUNGKIT

60,00

 

29,83

99,43%

 

 

 

 

 

B.

HASIL (40)

40,0

 

36,89

92,22%

 

 

 

 

1

BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL

20

 

22,28

99,02%

 

 

 
     

a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal)

17,5

3,95

17,28

98,75 %

Evidence

 

 
     

b. Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya

5

5

5,00

100,00 %

Evidence

 

 

 

2

PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA

20

 

14,61

83,49%

 

 

 
     

a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal)

17,5

3,34

14,61

83,50 %

Evidence

   

TOTAL HASIL

40,00

 

36,89

92,22%

 

 

 

Nilai Pembangunan ZI

100

 

96,36

96,36%